Kamis, 18 Juni 2015

Tugas UAS Kewirausahaan



PROPOSAL BUSSINES PLAN
LAILAI CUPCAKES
(Spesialis Banana Cupcakes)

(disusun untuk memenuhi tugas UAS Kewirausahaan)

Dosen Pengampu :
Ahmad Abtokhi, M.Pd
Dr. Avin Ainur F


Disusun Oleh :
Lailatul Maghfiroh (13640046)




 


JURUSAN FISIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2015



LAILAI CUPCAKES
(Spesialis Banana Cupcakes)

Nama Usaha    : Lailai Cupcakes (Spesialis Banana Cupcakes)
Slogan             : The perfect day, the perfect cake
Logo              
Struktur           : pemilik dan satu pegawai
Lokasi             : Jalan Raya Suwandak Lumajang Jawa Timur


 
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Bisnis makanan pada saat ini memang sangat menjanjikan dan berbicara soal bisnis makanan tidak ada habisnya karena semua orang menyukai makanan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan keunikan dan rasanya. Makanan bisa dikreasikan dengan cita rasa yang menarik dan unik sehingga nilai jualnya tinggi. Salah satunya adalah cup cakes. Cupcakes adalah salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu. Rasanya yang enak dan bentuknya lucu mampu menarik minat konsumen.
Keunikan produk cupcakes ini adalah bahan dasarnya berasal dari pisang agung khas Lumajang. Alasan dibuatnya usaha Lailai Cupcakes ini adalah karena Lumajang adalah Kota Pisang, oleh karena itu saya memanfaatkan pisang untuk menjadi bahan dasar cupcakes, karena memang di Lumajang masih tidak ada yang membuka usaha cupcakes terutama cupcakes berbahan dasar pisang. Sehingga akan menarik para konsumen untuk mencobanya dan posisi bisnis cupcakes ini akan sangat menjanjikan dengan adanya keunikan tersebut. Usaha cupcakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, strawberry, vanilla dan coklat. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah melihat indformasi pasar. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka akan dilakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan dengan rasanya. Adapun pemasarannya yaitu melalui toko kue dan media sosial, media sosial saat ini sangat populer sehingga akan sangat mudah untuk memasarkannya kepada para konsumen.
Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha “Lailai Cupcakes” berbahan dasar pisang untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.

B.       Tujuan Bisnis
Adapun visi dan misi dibuatnya usaha cupcakes ini adalah sebagai berikut:
1.    Visi
Menjadikan “Lailai Cupcakes” sebagai usaha terkenal dengan ciri khasnya yaitu berbahan dasar pisang agung khas Lumajang. Selain itu dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen.
2.    Misi
a.    Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
b.    Berorientasi kepada kepuasan konsumen
c.    Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
d.   Mengembangkan usaha tidak hanya pada media sosial
e.    Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Cupcakes


BAB II
DESKRIPSI PRODUK

A.      Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat  dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu : 
1.      Banana Cupcakes Original
2.      Banana Cupcakes rasa keju
3.      Banana Cupcakes rasa strawberry
4.      Banana Cupcakes rasa vanilla
Selain menawarkan berbagai rasa, cupcakes ini juga ada beberapa ukuran yaitu:
1.      Small
2.      Medium
3.      Large

B.       Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Lailai Cupcakes ini diantaranya:
1.      Hidangan lezat dan bergizi
  1. Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remaja maupun orang tua
  2. Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa
C.       Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Lailai Cupcakes :
Bahan Baku :
·         1,5 kg terigu
·         10 butir telur
·         Pondan secukupnya
·         Bahan pewarna secukupnya
·         Lima sendok teh baking powder
·         Soda kue secukupnya
·         400 gram margarine
·         1000 ml susu cair
·         500 gram pisang agung, di haluskan
·         175 gram gula
·         Garam secukupnya
·         250 gram gula palem
Bahan-bahan untuk topping:
·         500 gram buttercream
·         750 gram cokelat masak pekat, dilelehkan

D.      Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Lailai Cupcakes adalah:
1.      Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2.      Setelah itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah dihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3.      Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4.      Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga rata.
5.      Tuangkan adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di sisihkan.
6.      Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7.      Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8.      Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
9.      Setelah itu oven selama 25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
10.  Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
11.  Hiaslah bagian atas cupcake dengan topping yang telah dibuat.


BAB III
PERENCANAAN PEMASARAN BISNIS

A.      Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Lailai Cupcakes ini adalah:
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Lailai Cupcakes ini yaitu penjualan Cupcakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cupcakes yang lainnya yaitu  rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau
2.      Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang.
3.      Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcakes yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Lumajang belum ada yang menjual cup cakes berbahan dasar pisang sehingga Lailai Cupcakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.      Threath (ancaman)
Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cupcakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

B.       Target Pasar
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Lumajang Kota. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan dan juga belum ada yang menjual Cupcakes berbahan dasar pisang di wilayah ini. Secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, mahasiswa dan masyarakat dengan membuka toko kue Cupcakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

C.       Strategi Pemasaran
1.      Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Lailai Cupcakes”.
2.      Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk cupcakes berbahan baku seperti pisang agung khas Lumajang, terigu, telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu Lailai cupcakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk cupcakes.
3.      Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk Lailai Cupcakes kali ini yang pertama yaitu cupcakes dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
4.      Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan akun facebook, twitter dan instagram untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Lailai cupcakes.
5.      Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook, twitter dan instagram  serta face to face.


BAB IV
PROYEKSI KEUANGAN

A.      Biaya Awal
1.      Biaya Bahan
No
Keterangan
Banyak
produk
Biaya Pokok
Jumlah
1
Tepung terigu
50
Rp 8.000
Rp 400.000
2
Telur
168
Rp 1.500
Rp 252.000
3
Baking powder
16
Rp 3.000
Rp 48.000
4
Coklat blok
8
Rp 30.000
Rp 240.000
5
Pewarna makanan dan cita rasa
20
Rp 6.000
Rp 120.000
6
Soda kue
16
Rp 4.000
Rp 64.000
7
Margarin
8
Rp 15.000
Rp 120.000
8
Plastic, kertas cup
4
Rp 5.000
Rp 20.000
9
Pisang
8
Rp 10.000
Rp 80.000
10
Gula
6
Rp 14.000
Rp 84.000
11
Gula palem
8
Rp 6.000
Rp 48.000
12
Susu
8
Rp 10.000
Rp 80.000
13
Garam
4
Rp 1.500
Rp 6.000
14
Gas
4
Rp 18.000
Rp 72.000
Total Selama Sebulan
Rp 1.634.000

2.      Biaya Peralatan
No
Keterangan
Banyaknya
Harga/Satuan
Jumlah
1
Kulkas
1
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
2
Etalase
1
Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
3
Oven
1
Rp 850.000
Rp 850.000
4
Lap tangan
1
Rp 15.000
Rp 15.000
5
Mixer
1
Rp 300.000
Rp 300.000
6
Pisau
1
Rp 7.000
Rp 7.000
7
Baskom
1
Rp 20.000
Rp 20.000
8
Kompor Gas
1
Rp 500.000
Rp 500.000
9
Tabung Elpiji
1
Rp 150.000
Rp 150.000
10
Banner, brosur dan daftar harga

Rp 100.000
Rp 100.000
11
Sewa tempat
1
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
12
Selang dan regulator
1
Rp 80.000
Rp 80.000
13
Cetakan cupcakes
2
Rp 17.500
Rp 17.500
14
Biaya listrik dan air

Rp 150.000
Rp 150.000
15
Biaya pegawai
1
Rp 900.000
Rp 900.000
Total
Rp 9.607.000
A.      Harga Per Cupcakes
Harga jual 1 Cupcakes Rp 10.000 untuk ukuran large Rp 5.000 untuk ukuran medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small. Target penjualan Lailai Cupcakes per hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 3 pcs untuk ukuran large, 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000.

B.       Modal Awal
Total Biaya Awal =  Rp 1.634.000 + Rp 9.607.000 = Rp 11.241.000

C.       Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
a.       Pendapatan Harian = Rp. 2.500 x 12 pcs x 10 box = Rp. 300.000
b.      Pendapatan Bulanan = Rp. 300.000 x 30 hari = Rp. 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
a.       Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 9.000.000 x 12 bulan = Rp.108.000.000
b.      Biaya variabel = Rp 1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
c.       Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun:
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000


BAB V
RESIKO BISNIS

Dalam membuka bisnis tidak terlepas dari resiko yang bisa menyebkan bisnis itu berjalan lancar atau mengalami kerugian dan kemudiam tutup. Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha Lailai Cupcakes yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Lailai Cupcakes.



  LAMPIRAN BROSUR






















2 komentar:

  1. ijin copas kak, buat referensi tugas ;) terimakasih

    BalasHapus
  2. ijin kopas kak, buat referensi saya. thank u sebelumnya

    BalasHapus