PROPOSAL BUSSINES PLAN
LAILAI CUPCAKES
(Spesialis Banana Cupcakes)
(disusun
untuk memenuhi tugas UAS Kewirausahaan)
Dosen
Pengampu :
Ahmad
Abtokhi, M.Pd
Dr.
Avin Ainur F
Disusun
Oleh :
Lailatul
Maghfiroh (13640046)
JURUSAN
FISIKA
FAKULTAS
SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2015
LAILAI CUPCAKES
(Spesialis Banana Cupcakes)
Nama Usaha : Lailai Cupcakes (Spesialis Banana Cupcakes)
Slogan :
The perfect day, the perfect cake
Logo :
Struktur : pemilik dan satu pegawai
Lokasi :
Jalan Raya Suwandak Lumajang Jawa Timur
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Bisnis makanan
pada saat ini memang sangat menjanjikan dan berbicara soal bisnis makanan tidak
ada habisnya karena semua orang menyukai makanan. Berbagai macam jenis makanan
bermunculan dengan keunikan dan rasanya. Makanan bisa dikreasikan dengan cita
rasa yang menarik dan unik sehingga nilai jualnya tinggi. Salah satunya adalah
cup cakes. Cupcakes adalah salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan
dari tepung terigu. Rasanya yang enak dan bentuknya lucu mampu menarik minat
konsumen.
Keunikan produk cupcakes
ini adalah bahan dasarnya berasal dari pisang agung khas Lumajang. Alasan
dibuatnya usaha Lailai Cupcakes ini adalah karena Lumajang adalah Kota Pisang,
oleh karena itu saya memanfaatkan pisang untuk menjadi bahan dasar cupcakes,
karena memang di Lumajang masih tidak ada yang membuka usaha cupcakes terutama
cupcakes berbahan dasar pisang. Sehingga akan menarik para konsumen untuk
mencobanya dan posisi bisnis cupcakes ini akan sangat menjanjikan dengan adanya
keunikan tersebut. Usaha
cupcakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu
dengan adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju,
strawberry, vanilla
dan coklat. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah melihat indformasi pasar.
Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen
maka akan dilakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa
bosan dengan rasanya. Adapun pemasarannya yaitu melalui toko kue dan media
sosial, media sosial saat ini sangat populer sehingga akan sangat mudah untuk
memasarkannya kepada para konsumen.
Oleh karena itu saya
tertarik untuk membuka usaha “Lailai Cupcakes” berbahan dasar pisang untuk
dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan
ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen
sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka
miliki.
B. Tujuan Bisnis
Adapun
visi dan misi dibuatnya usaha cupcakes ini adalah sebagai berikut:
1. Visi
Menjadikan “Lailai Cupcakes”
sebagai usaha terkenal dengan ciri khasnya yaitu berbahan dasar pisang agung khas
Lumajang. Selain itu dengan berbagai rasa dan bentuk yang
bervariasi untuk memuaskan para konsumen.
2. Misi
a.
Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
b.
Berorientasi kepada kepuasan konsumen
c.
Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk
maupun pelayanan
d.
Mengembangkan usaha tidak hanya pada media sosial
e.
Menambah
wawasan tentang cara berwirausaha tentang kue Cupcakes
BAB II
DESKRIPSI PRODUK
A.
Jenis
Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan
ringan yang lezat dan bergizi dan
disajikan dengan berbagai rasa, di antaranya yaitu :
1. Banana Cupcakes Original
2. Banana Cupcakes rasa keju
3. Banana Cupcakes rasa strawberry
4. Banana Cupcakes rasa vanilla
Selain menawarkan berbagai rasa,
cupcakes ini juga ada beberapa ukuran yaitu:
1.
Small
2.
Medium
3.
Large
B. Produk yang dihasilkan
Keistimewaan
Lailai Cupcakes ini diantaranya:
1. Hidangan lezat dan bergizi
- Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remaja maupun orang tua
- Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa
C. Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Lailai Cupcakes
:
Bahan Baku :
·
1,5 kg terigu
·
10 butir telur
·
Pondan secukupnya
·
Bahan pewarna secukupnya
·
Lima sendok teh baking powder
·
Soda kue secukupnya
·
400 gram margarine
·
1000 ml susu cair
·
500 gram pisang agung, di haluskan
·
175 gram gula
·
Garam secukupnya
·
250 gram gula palem
Bahan-bahan
untuk topping:
·
500
gram buttercream
·
750
gram cokelat masak pekat, dilelehkan
D.
Proses
Produksi
Adapun cara pembuatan Lailai Cupcakes adalah:
1.
Pertama
panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu
matikan apinya.
2.
Setelah
itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya dan pisang ambon yang sudah
dihaluskan tersebut dan aduk hingga larut merata.
3.
Lalu
masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
4. Tambahkan kuning telur yang telah
dikocok hingga rata.
5.
Tuangkan
adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan
di sisihkan.
6.
Kemudian
kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus
tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
7. Masukkan kocokan putih telur
tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8. Tuangkan ke dalam cetakan muffin
yang sudah diberi alas kertas.
9. Setelah itu oven selama 25 menit
dalam suhu 180 celcius hingga matang
10.
Untuk
toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark
cokelat dan aduk hingga larut merata.
11. Hiaslah bagian atas cupcake dengan
topping yang telah dibuat.
BAB III
PERENCANAAN
PEMASARAN BISNIS
A. Analisis Persaingan Usaha
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan produk
Lailai Cupcakes ini adalah:
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Lailai Cupcakes ini yaitu
penjualan Cupcakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih
besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk
yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang
berbeda dengan usaha cupcakes yang lainnya yaitu rasa yang
bervariasi serta harga yang
cukup terjangkau
2. Weakness
(kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang
tidak suka buah pisang.
3. Oppurtinity
(peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcakes yang unik dan
dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat
yang konsumtif, di Lumajang belum ada yang menjual cup cakes berbahan dasar
pisang sehingga Lailai Cupcakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan
keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath
(ancaman)
Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat
menyebabkan kenaikan harga cupcakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
B. Target Pasar
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah
Lumajang Kota. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat
produk ini mudah ditemukan dan juga belum ada yang menjual Cupcakes berbahan
dasar pisang di wilayah ini. Secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa,
mahasiswa dan masyarakat dengan membuka toko kue Cupcakes untuk mempermudah
kami memperoleh informasi pasar.
C. Strategi
Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang
lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang
bermacam-macam. Produk ini bernama “Lailai Cupcakes”.
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk cupcakes berbahan baku seperti pisang agung khas Lumajang, terigu,
telur, pandan, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu
Lailai cupcakes berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk cupcakes.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk Lailai Cupcakes kali ini yang pertama yaitu cupcakes
dengan pisang dan toping coklat dan rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan akun facebook, twitter dan instagram untuk
wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Lailai cupcakes.
5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media
social seperti facebook, twitter dan instagram serta face to face.
BAB IV
PROYEKSI KEUANGAN
A. Biaya Awal
1. Biaya Bahan
No
|
Keterangan
|
Banyak
produk
|
Biaya Pokok
|
Jumlah
|
1
|
Tepung terigu
|
50
|
Rp 8.000
|
Rp 400.000
|
2
|
Telur
|
168
|
Rp 1.500
|
Rp 252.000
|
3
|
Baking powder
|
16
|
Rp 3.000
|
Rp 48.000
|
4
|
Coklat blok
|
8
|
Rp 30.000
|
Rp 240.000
|
5
|
Pewarna makanan dan cita rasa
|
20
|
Rp 6.000
|
Rp 120.000
|
6
|
Soda kue
|
16
|
Rp 4.000
|
Rp 64.000
|
7
|
Margarin
|
8
|
Rp 15.000
|
Rp 120.000
|
8
|
Plastic, kertas cup
|
4
|
Rp 5.000
|
Rp 20.000
|
9
|
Pisang
|
8
|
Rp 10.000
|
Rp 80.000
|
10
|
Gula
|
6
|
Rp 14.000
|
Rp 84.000
|
11
|
Gula palem
|
8
|
Rp 6.000
|
Rp 48.000
|
12
|
Susu
|
8
|
Rp 10.000
|
Rp 80.000
|
13
|
Garam
|
4
|
Rp 1.500
|
Rp 6.000
|
14
|
Gas
|
4
|
Rp 18.000
|
Rp 72.000
|
Total
Selama Sebulan
|
Rp
1.634.000
|
2.
Biaya Peralatan
No
|
Keterangan
|
Banyaknya
|
Harga/Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Kulkas
|
1
|
Rp 2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
2
|
Etalase
|
1
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
3
|
Oven
|
1
|
Rp 850.000
|
Rp 850.000
|
4
|
Lap tangan
|
1
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
5
|
Mixer
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
6
|
Pisau
|
1
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
7
|
Baskom
|
1
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
8
|
Kompor Gas
|
1
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
9
|
Tabung Elpiji
|
1
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
10
|
Banner, brosur dan daftar harga
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
|
11
|
Sewa tempat
|
1
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
12
|
Selang dan regulator
|
1
|
Rp 80.000
|
Rp 80.000
|
13
|
Cetakan cupcakes
|
2
|
Rp 17.500
|
Rp 17.500
|
14
|
Biaya listrik dan air
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
15
|
Biaya pegawai
|
1
|
Rp 900.000
|
Rp 900.000
|
Total
|
Rp 9.607.000
|
A. Harga Per
Cupcakes
Harga
jual 1 Cupcakes Rp 10.000 untuk ukuran large Rp 5.000 untuk ukuran medium dan
Rp 2.500 untuk ukuran small. Target penjualan Lailai Cupcakes per hari adalah
10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 3 pcs untuk ukuran large, 6 pcs untuk
ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per
box Rp 30.000.
B.
Modal
Awal
Total
Biaya Awal = Rp 1.634.000 + Rp 9.607.000 = Rp 11.241.000
C.
Analisis
Keuntungan
Waktu berjualan
yaitu hari senin s/d minggu. Berikut
rinciannya :
a.
Pendapatan Harian = Rp. 2.500 x 12 pcs x 10 box = Rp.
300.000
b.
Pendapatan
Bulanan = Rp. 300.000 x 30 hari = Rp. 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan
1 tahun konstan, maka:
a. Pendapatan
yang akan dicapai = Rp 9.000.000 x 12 bulan = Rp.108.000.000
b. Biaya
variabel = Rp 1.634.000 x
12 = Rp 19.608.000
c. Maka
laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun:
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp
88.392.000
BAB
V
RESIKO
BISNIS
Dalam membuka bisnis tidak
terlepas dari resiko yang bisa menyebkan bisnis itu berjalan lancar atau
mengalami kerugian dan kemudiam tutup. Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha
Lailai Cupcakes yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki
kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada
kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Lailai
Cupcakes.
LAMPIRAN BROSUR
ijin copas kak, buat referensi tugas ;) terimakasih
BalasHapusijin kopas kak, buat referensi saya. thank u sebelumnya
BalasHapus